Kabel Audio: Semuanya Musisi Perlu Tahu Tentang Jenis Kabel Audio [Infographic] |Info by LANDR

Masalah kabel.

Sayangnya, studio musik nirkabel bukanlah sesuatu. Sebenarnya kita menghubungkan semua jenis peralatan lama, baru, analog dan digital bersama lebih dari sebelumnya.

Ya, saya tahu, konektor audio mungkin bukan bagian paling menarik dari setup studio musik Anda …

Tapi merekam sinyal yang cukup bersih dan cukup keras dari gitar, synth, drum machine, dan mics ke DAW Anda banyak kaitannya dengan jenis kabel audio yang Anda pilih.

Jadi, inilah panduan kabel audio bergambar (semoga ini terjadi saat saya belajar!). Ini akan membantu Anda mendapatkan suara yang lebih baik saat bermain pertunjukan, rekaman, atau bahkan hanya macet.

audio-cable-types-infographic-guide

Perbedaan Antara Kabel Audio Analog Dan Digital

Hal pertama yang pertama, apa perbedaan antara kabel audio analog dan digital?

Nah, mereka berdua mengirimkan informasi audio. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kabel analog mengirimkan sinyal audio listrik sementara kabel digital mengirimkan informasi digital dalam kode biner (nol dan yang, bahasa yang digunakan komputer).

Kabel Balanced And Unbalanced

Sekarang mari kita mulai dengan pertanyaan yang paling umum tentang kabel analog …

Apa perbedaan antara kabel seimbang dan tidak seimbang?

  • Unbalanced : Kabel yang tidak seimbang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengambil gangguan radio dan kebisingan. Jika Anda ingin membuka kabel yang tidak seimbang, Anda akan melihat dua kabel: kawat konduktor dan kawat ground.
  • Balanced : Kabel seimbang di sisi lain dirancang untuk membatalkan gangguan dan hums listrik. Mereka melakukannya dengan bantuan kawat tambahan di dalamnya – jadi dua kabel konduktor dan kabel ground. Dengan bantuan kawat kedua, kedua kabel membatalkan kebisingan.Kita akan melihat kabel yang seimbang dan yang tidak seimbang dalam sekejap. Tapi pertama-tama…

Koneksi Seimbang dan Tidak Seimbang

Sekarang pertanyaan jutaan dolar: apakah kabel seimbang membuat koneksi seimbang?

mixer_backpanel_900x356

Jawabannya adalah tidak! Inilah hal penting yang harus diingat: semua titik di sirkuit kabel Anda harus diimbangi agar Anda memiliki koneksi yang seimbang. Itu termasuk:

  • Output on your gear
  • Cables
  • Input it’s going into (like your mixer or PA)

Jika salah satu dari ini tidak seimbang, itu akan membuat koneksi Anda tidak seimbang. Ini layak ditulis di post-it dan menempel ke cermin kamar mandi Anda.

Aku tahu itu mungkin membingungkan untuk saat ini, tapi teruslah membaca!

Bagaimana Anda tahu apakah perlengkapan Anda seimbang?

Gear Anda seimbang jika:

  • Ini memiliki keluaran atau masukan XLR
  • Ada tertulis di dalamnya atau di manual

Sebagai contoh: mikrofon, beberapa mixer, sistem PA, beberapa peralatan pro dan synth dengan XLR (seperti Roland Jupiter 8 dan lainnya).

Gear Anda seimbang jika:

  • Ini adalah gitar atau bass
  • Ini memiliki satu ¼ inci mono atau output stereo
  • Ini memiliki input atau output RCA

Banyak gigi tidak seimbang jika hanya memiliki output ¼ inci. Kemungkinan besar tidak seimbang jika tidak mengatakan apapun. Selalu periksa manual atau lakukan penelitian jika Anda tidak yakin.

Mengapa semua hal ini?

Mengetahui perbedaan antara kabel seimbang dan tidak seimbang sangat penting untuk memilih kabel yang tepat pada setiap situasi. Ini akan mencegah hilangnya sinyal buruk atau gangguan noise kotor pada rekaman atau live set Anda. Kabel yang salah bahkan bisa merusak perangkat Anda.

Jika Anda memiliki gigi seimbang dan mixer seimbang, maka dengan segala cara gunakan kabel seimbang yang akan memberi Anda koneksi seimbang yang bagus!

Tapi jika Anda tidak memiliki koneksi yang seimbang, ingatlah untuk menjaga kabel sesingkat mungkin.

Tips panas : untuk koneksi yang tidak seimbang, jaga kabel Anda di bawah 6 kaki (sekitar 1,8 meter) untuk mencegah gangguan.

Jangan khawatir, saya akan membahas rincian di bawah tentang kabel mana yang seimbang dan tidak seimbang dalam hitungan detik.

Jenis Kabel Audio

Fiuh, saya senang kita menyingkir. Sekarang saatnya demystify tipe konektor audio yang paling umum.

KABEL ANALOG

Kabel XLR

Kabel XLR selalu kabel seimbang. Mereka terkunci pada tempatnya – jadi Anda tidak akan mencabutnya secara tidak sengaja jika Anda menariknya (pikirkan semua kejadian punk yang telah disimpan ini). Kabel XLR bisa sangat lama tanpa gangguan noise.

Print

Kabel XLR digunakan untuk menghubungkan:

  • Mikrofon
  • Speaker yang didukung
  • Sistem PA
  • Instrumen dilengkapi dengan XLR

Kabel TRS

TRS (Tip-Ring-Sleeve) adalah konektor yang memiliki tiga kabel di dalamnya (dua konduktor dan satu ground), seperti yang telah saya jelaskan dengan kabel seimbang. Mereka mudah dikenali karena dua garis karet pada konektor.

Print

Kabel TRS bisa seimbang atau tidak seimbang tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Mereka adalah bunglon kabel.

Mari saya jelaskan!

Kabel TRS akan seimbang saat Anda menggunakannya sebagai kabel mono antara perangkat seimbang. Saat itulah Anda menggunakan sepasang mereka, satu untuk saluran kiri dan satu lagi untuk kanan. Dengan cara itu di setiap kabel, salah satu kabel konduktor akan menjadi sinyal, dan yang lainnya akan membantu membatalkan kebisingan.

Bila Anda menggunakan kabel TRS tunggal dengan stereo (kiri dan kanan bersamaan di kabel yang sama), kedua kabel konduktor di dalamnya akan digunakan untuk sinyal. Satu kawat akan mengangkut sinyal kiri dan kabel lainnya dengan sinyal yang benar. Jadi tidak ada kawat yang tersisa untuk pembatalan kebisingan. Ini akan menjadi kabel yang tidak seimbang.

Keadaan ini paling sering terjadi pada kabel headphone dan output headphone pada gigi.

Kabel TS

Konektor TS (Tip-Sleeve) selalu tidak seimbang. Mengapa? Karena mengandung dua kabel: satu konduktor dan satu ground. Merekalah yang memiliki satu strip karet pada konektornya.

Print

Kabel TS juga mono. Mereka berguna untuk peralatan yang memiliki keluaran mono: gitar, pedal efek mono, beberapa mesin synth dan drum. Mereka super biasa di studio musik manapun.

Pastikan kabel TS Anda sesingkat mungkin – atau mungkin juga mereka akan mengambil suara dan gagak listrik.

Kabel RCA

Konektor RCA kebanyakan berpasangan untuk mencapai stereo. Sebagian besar waktu merah digunakan untuk Kanan (Merah dan Kanan keduanya dimulai dengan huruf R!) Dan warna putih digunakan untuk saluran Kiri.

cableguide_rca_b

Kabel RCA mirip dengan kabel TS. Setiap kabel RCA memiliki satu konduktor dan satu ground. Itu berarti mereka selalu tidak seimbang.

Jadi tips yang sama berlaku: jaga agar sesingkat mungkin.

Konektor RCA adalah roti dan mentega DJ. Mereka adalah kabel yang paling umum digunakan untuk menghubungkan CDJ dan turntable ke mixer DJ.

mixer_rca900x470

Tips Hot: Saat Anda memasukkan CDJ dan turntable Anda, ada dua jenis input RCA: Line dan Phono.

Line untuk CDJ dan instrumen lainnya, Phono selalu untuk turntable.

Turntable memiliki sinyal yang jauh lebih rendah, jadi mereka membutuhkan preamp yang lebih kuat untuk membawa mereka ke level garis (lebih banyak pada level di bawah). Selalu gunakan masukan yang benar saat menancapkan setup DJ Anda untuk menghindari kebisingan dan distorsi! Untuk informasi lebih lanjut tentang turntable, lihat Turntable Lab.

KABEL DIGITAL

Anda akan menemukan lebih banyak lagi kabel digital di studio rumah hari ini.

Tapi aku tidak akan membahasnya secara mendalam karena mereka lebih mudah daripada analog. Dan ya, saya telah meninggalkan beberapa yang kurang umum – seperti AES / EBU, S / PDIF, dll.

Banyak orang berpikir bahwa panjang kabel digital tidak masalah (ada yang bilang itu bekerja atau tidak). Tapi dari pengalaman jika Anda benar-benar lama dengan kabel digital (beberapa meter), ada kemungkinan lebih banyak bekerja dengan tidak semestinya. Jadi tetap pendek!

Kabel midi

Kabel MIDI digunakan untuk menyelaraskan dan mengkomunikasikan instruksi di antara roda gigi.

Print

MIDI tidak membuat atau mengangkut suara. Ini mentransmisikan pesan acara.

Saat ini gigi paling modern memiliki MIDI masuk, MIDI keluar dan MIDI melalui. Jadi yang penting untuk diingat adalah aliran sinyal MIDI Anda.

Bila Anda bertanya pada diri sendiri: haruskah saya menyambungkan kabel MIDI saya di jack IN, OUT, atau THRU? Pikirkan apakah mesin Anda adalah:

  • Mengirimkan informasi = pasang kabel di bagian OUT
  • Menerima informasi = pasang kabel di IN
  • Melewatkan informasi ke mesin lain = pasang kabel di THRU

Kabel USB

Kabel USB telah menjadi super umum dalam produksi audio. Mereka menggunakan kontroler keyboard MIDI, antarmuka audio, synth modern dan mesin drum.

Print

Mereka memungkinkan pertukaran informasi antara peralatan musik dan komputer. Kabel USB juga mengangkut informasi MIDI.

Jenis kabel USB yang paling banyak digunakan untuk instrumen adalah USB A-Type (flat klasik) dan USB B-Type (‘USB bujur sangkar’).

Konektor USB mengikuti tren elektronik yang sedang berlangsung menuju miniaturisasi. Sebagian besar perlengkapan baru datang dengan kabel USB mereka sendiri, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Yang penting untuk diingat adalah jika berhenti bekerja, mudah untuk mengganti – cari saja bentuk yang sesuai. Mereka juga cenderung sangat rapuh, jadi hindarkan agar tetap terpasang dan membungkusnya dengan peralatan Anda saat Anda mengangkutnya.

Mengkonversi Tidak Seimbang Untuk Seimbang

Ini adalah skenario yang akan terjadi pada Anda di beberapa titik.

Anda sedang bermain pertunjukan, dan setup PA memiliki konektor XLR – yang seimbang.

Gigi Anda tidak seimbang karena Anda memiliki gitar, bass, atau synth.

Plus, konsol mixer utama sangat jauh dari panggung, sehingga kabel yang tidak seimbang lama akan menarik kebisingan dan gangguan.

Anda perlu mengubah koneksi yang tidak seimbang menjadi seimbang. Apa yang kamu kerjakan?

Bagaimana Anda mengubah koneksi yang tidak seimbang menjadi seimbang?

Hal ini dilakukan dengan menggunakan kotak DI.

Apa itu kotak DI?

di_900x500

Kotak DI ( direct injection ) adalah perangkat yang digunakan dalam perekaman dan live audio untuk mengubah sinyal dan menyesuaikan tingkat audio (lebih banyak pada tingkat di bawah). Ini memungkinkan Anda untuk memasang gigi tidak seimbang (gitar, synth, bass) ke input seimbang pada sistem mixer dan PA – ini mengubahnya menjadi koneksi yang seimbang. Anda mendapatkan noise reduction, tidak ada gangguan dan kemampuan untuk menjalankan kabel yang panjang. Terima kasih kotak DI!

Pasang TS ke TRS

Anda mungkin bertanya “Bisakah saya menghubungkan steker TS yang tidak seimbang ke dalam soket TRS yang seimbang?”

Jawabannya iya. Sebagian besar waktu input ¼ inci (6,35 mm) keduanya seimbang dan tidak seimbang – keduanya dibangun untuk beralih di antara keduanya. Pabrikan sering menuliskannya di mixer itu sendiri: BAL / UNBAL.

Sebagai aturan umum, baca apa yang tertulis di peralatan dan mixer Anda! Sesederhana itu

Tingkat Audio 101: Speaker, Mic, Instrument, dan Line Level

Saya berjanji untuk berbicara tentang level. Ini sangat penting saat Anda menyambungkan perangkat Anda bersama-sama.

Apa perbedaan antara sinyal Mic, Instrument, Speaker dan Line level?

  • Apa itu tingkat Speaker? Tingkat speaker adalah sinyal terkuat. Dan itu masuk akal: speaker membutuhkan banyak kekuatan, karena siapa pun yang berdiri di depan sistem suara klub akan tahu!
  • Apa itu level Line? Tingkat garis adalah tingkat sinyal standar (dalam hal voltase). Tingkat instrumen, phono dan mic perlu ditingkatkan agar sesuai dengan level ini.
  • Berapakah tingkat Instrumen? Tingkat instrumen ada di antara keduanya. Ini lebih lemah dari level line tapi lebih kuat dari level mic. Sintaks, bass dan gitar biasanya pada tingkat ini. Kotak DI digunakan untuk mencocokkan tingkat instrumen ini dengan tingkat garis.
  • Berapakah level Mic? Tingkat mikron adalah sinyal terlemah. Perlu preamp mic untuk dibawa ke level line, kalau tidak anda tidak mendengarnya.

Lepaskan Kabel di Pikiran Anda

Pengetahuan tentang jenis kabel audio dan tingkat audio adalah kunci saat Anda merekam musik dan bermain pertunjukan langsung. Ini akan memberi tahu pengetahuan yang Anda butuhkan untuk memasang setup Anda dan mendapatkan suara terbaik Anda.

Plus, saat Anda berbicara dengan orang yang tepat di tempat tersebut atau membeli sesuatu di toko musik, Anda ingin tahu apa yang sedang Anda bicarakan?

Jadi, simpan panduan kabel audio ini di bookmark Anda dan kembali ke sana setiap kali Anda perlu.

Karena meski iklan gigi senantiasa menunjukkan instrumen mengambang di angkasa, keajaiban musik hanya benar-benar terjadi saat Anda menyambungkan segala sesuatunya.

Ingin menjadi Master Trek. Segera kunjungi ⇒Disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *